Monday, December 23, 2013

Tentang Kopi Luwak


Kopi luwak adalah salah satu kopi tradisional Indonesia yang paling dicari di dunia dikarenakan produksi yang sangat sedikit. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang dimakan oleh Luwak Palm Asia atau dalam bahasa latinnya Paradoxurus hermaphrodites, kemudian biji kopi itu dicerna dan dikeluarkan kembali dari alat pencernaannya. Mekanisme pencernaan dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda dari biji kopi yang dicerna. Luwak secara natural akan memilih biji kopi terbaik, jadi Kopi luwak menghasilkan biji kopi yang terbaik. 


Dalam prosesnya, luwak memiliki pencernaan yang unik, dalam pencernaannya memiliki enzim protolitik yang meresap ke dalam biji kopi yang membuat peptide yang lebih pendek dan asam amino yang lebih bebas. Kemudian luwak akan buang air besar dan biji kopi akan dipisahkan dari tinja lainnya. Setelah itu dicuci secara menyeluruh lalu dijemur sampai kering,  biji ini menghasilkan kopi yang aromatik dan pahit yang lebih sedikit. Kopi ini tercatat sebagai kopi termahal sedunia dengan harga mencapai US$ 700/kg  tetapi harga standar kopi ini sekitar US$ 10/ kg. Kopi luwak banyak diproduksi di pulau Sumatera, Jawa dan Bali, adapun beberapa di Filipina, di Filipina disebut sebagai kopi Motit. 

Metode tradisional ini menimbulkan keprihatinan karena petani tradisional tidak memperhatikan apa yang luwak makan, pola makan tidak teratur, kandang yang kecil dan tingkat kematian yang tinggi. Menurut survei dari BBC di pulau sumatera terdepat beberapa kekejaman terhadap luwak. Luwak pun memakan biji kopi tanpa proses pemilihan secara alami dari luwak tersebut. Luwak harus memakan semua biji kopi yang diberikan petani tersebut secara terpaksa, sehingga tidak menghasilkan biji kopi terbaik. Adapun kejadian yang mengejutkan, di beberapa tempat kopi luwak ini dibuat oleh musang liar, ini adalah penipuan terhadap industri kopi luwak.
Semoga kejadian ini tidak terjadi di banyak tempat. Amin.

2 comments:

  1. Great post! Kopi luwak is awesome in taste. I am really fond of drinking coffee and i found that it is the best coffee in this world. You can find Kopi Luwak in java, Sumatra and in other islands of Indonesia.
    Kopi Luwak

    ReplyDelete