Friday, June 8, 2012

Cara membuat Kopi Luwak


Bagaimana proses pembuatan kopi luwak , salah satu proses pasca panen kopi memiliki cara yang unik dari Indonesia , adalah sebuah metode yang disebut penggilingan basah . " Sebagian besar petani di Sulawesi , Sumatera , Lampung , Flores , dan Papua , menggunakan proses yang dikenal sebagai pengupasan basah atau wet - penggilingan ( juga sering disebut sebagai semi- dicuci ) . Dengan menggunakan teknik ini , para petani mengupasi kulit buah kopi menggunakan mesin pengupas tradisional yang disebut " Luwak " . biji kopi yang masih diselimuti getah, kemudian disimpan untuk satu hari . Setelah masa penyimpanan, dibersihkan dari getah biji kopi dan kopi dikeringkan dan siap untuk dijual .

Beberapa pabrik besar , perkebunan dan koperasi pertanian di Sumatera , Jawa , Sulawesi dan Bali
menghasilkan kopi dengan metode cuci penuh . Pertama , buah kopi yang telah matang akan terjatuh ke tanah dan kulit luarnya telah terkelupas . Kopi yang telah dikupas dan ditempatkan dalam tangki atau tong akan difermentasi selama 24 sampai 36 jam . Setelah difermentasi , biji kopi dicuci dan dijemur sampai kering di lantai semen atau meja pengeringan. Setelah kering , kulit atau Pergamino mudah dipisahkan dan rapuh . Kemudian , kacang kering dikupas dan siap untuk menggunakan mesin dan tangan diurutkan sebelum dikemas dan diekspor . "


Proses ini proses yang unik , yang katanya untuk meniru proses alami asli Kopi Luwak , membuat beberapa kopi dari Sumatera dengan kualitas tinggi . Salah satunya adalah salinan dari wilayah Lintong yang memiliki ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sampai 1.500 meter , yang sekarang dikenal sebagai Blue Batak . Disebut dengan nama Blue yang berarti pujian dan pengakuan bahwa kopi ini memiliki status bangsawan . Aku berdarah biru . Sudah saatnya kita maju dan mengklaim bahwa Kopi Luwak adalah warisan budaya khas Indonesia . Dan ada keaslian proses sertifikasinya !
Karena aset budaya ini yang harus dipertahankan dan dipelihara oleh kami . Kopi Luwak 100 % dimiliki oleh Indonesia !
Banyak dari kami yang membudidayakan kopi spesial ini Indonesia . jangan kita lupa pada kebanggaan masyarakat Indonesia.

Terima Kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Amin..

5 comments:

  1. Ngopi sobat hehehehe ... :) mantep kayaknya malam2 gini ngopi pake kopi Luwak

    ReplyDelete
  2. This is the best coffee I ever tested. Thanks for the share.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya agak jijik minum kopi luak, tapi kalau udah di sterilisasi ya gak :D .. hebat ya indonesia punya kopi paling mahal di dunia. Padahal dari awal tidak kesengajaan jaman kolonial belanda

    ReplyDelete
  4. Really a nice post! I am a coffee lover and i like kopi luwak most. The taste of this coffee is superb. I take it every morning. Thanks for the nice post.
    Kopi Luwak

    ReplyDelete